Bisa dibilang kalau ayam goreng dengan permukaan yang garing memang sangat cocok jika disantap dengan nasi putih. Apalagi kalau dilengkapi dengan sambal yang sedikit pedas, benar-benar hidangan ciri khas Indonesia.

Indonesia sendiri memang memiliki berbagai resep ayam goreng istimewa. Berbeda halnya dengan ayam goreng tepu seperti makanan cepat saji, ayam goreng khas dari daerah Indoneisa menggunakan bumbu-bumbu dengan cita rasa yang unik dan pastinya lebih gurih.

Maka dari itu, berikut ini berbagai aneka resep ayam goreng khas Indonesia yang pas untuk lidah orang nusantara. Penasaran bukan, yuk simak terus ulasannya di bawah ini.

Aneka Resep Ayam Goreng Khas Indonesia

Bagi kalian yang mungkin ingin mencoba resep menu ayam goreng khas dari Indonesia dan membuatnya sendiri di rumah, maka kalian harus simak beberapa olahan resep ayam goreng berikut ini.

  1. Ayam Goreng Bumbu Kuning

Resep ayam goreng yang pertama adalah bumbu kuning, biasanya menu olahan ini banyak disajikan di warung-warung lalapan. Selain itu biasanya juga disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk, ditambah lagi dengan lalapan sayur yang tidak boleh ketinggalan.

  1. Ayam Ungkep Goreng Jawa Timur

Tentunya ayam ungkep goreng jawa tibur ini memiliki ciri khas tersendiri dengan rasanya yang unik. Biasanya bahan baku ayam ungkep goreng khas jawa timur ini menggunakan paduan dari kunyit, ketumbar, jintan, dan juga bawang putih.

Ayam ungkep ini biasanya dimasak setengah basah terlebih dahulu. Setelah itu, disimpan pada lemari es lalu setelah itu digoreng langsung dan cocok dimakan dengan nasi.

  1. Ayam Goreng Bacem

Karena memiliki cita rasa yang gurih dan juga nikmat, ayam goreng bacem memiliki penggemar tersendiri apalagi jika sudah berbicara soal lidah orang Indonesia. Memiliki cita rasa yang gurih ditambah lagi dengan sambal ekstra pedas, ayam goreng bacem sangat cocok disantap dengan nasi putih yang hangat.

  1. Ayam Pop

Banyak yang keliru soal ayam pop ini, karena selalu dikira masakan atau ayam goreng padang. Karena penampilannya yang seidkit berbeda, ayam pop memiliki warna pucat putih, karena hanya digoreng sebentar saja.

Namun dagingnya memiliki rasa khas tersendiri karena sudah diungkep bersamaan dengan air kelapa, bawang putih, dan juga rempah yang lainya.

  1. Ayam Goreng Mentega

Sebenarnya makanan ini sangat cocok disantap pada waktu makan siang, karena memiliki cita rasa yang unik dan juga mengeyangkan. Cara pembuatannya juga cukup mudah, potongan ayam digoreng hingga matang, kemudian dimasak kembali menggunakan bumbu tumisan kecap dan margarin yang gurih.

Karena itulah ayam goreng mentega biasanya disajikan untuk menu makan siang yang lezat dan cocok untuk lidah orang Indonesia.

Itulah beberapa aneka resep ayam goreng khas dari Indonesia, apakah menu-menu di atas cocok untuk lidah kalian? Jangan utamakan enak saja tetapi juga harus bergizi.