Kerusakan alam tidak lepas dari ulah tangan manusia. Bagaimanapun yang seharusnya menjaga dan melestarikan lingkungan adalah manusia dengan peran terbaiknya. Berikut ini cara pelestarian lingkungan untuk menjaga alam yang bisa dengan sangat mudah dilakukan.

1.   Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Sampah yang berserakan di sembarangan tempat bisa menimbulkan banjir dan berbagai dampak buruk lainnya. Apa lagi sampah dengan bahan kimia yang jika dibuang ke sungai bisa merusak ekosistem yang yang ada dan mencemarinya. Akibatnya sungai akan berbau dan menimbulkan keresahan warga sekitar.

Tak hanya itu, lama kelamaan akan merusak kualitas air yang ada di sekitar sungai. Mulailah menjaga dengan membuang sampah ke tempat pembuangan sampah dan tidak dibuang ke sungai karena bisa menyebabkan alirannya tersumbat hingga menimbulkan banjir. Terapkan buang sampah pada tempatnya sejak dini kepada anak-anak untuk menumbuhkan rasa cinta ke alam.

2.   Sampah Tidak Dibakar

Cara menjaga alam tentunya dengan tidak membakar sampah dengan mudahnya karena sampah akan melepaskan gas yang bisa membuat kerusakan pada ozon dalam jangka panjang. Sementara lapisan ozon sangat bermanfaat untuk menjaga agar bumi baik-baik saja. Pemanasan global juga disebabkan salah satunya karena ozon yang menipis.

3.   Menjaga Kebersihan Lingkungan

Alam bisa dijaga dengan menjaga kebersihan lingkungan yang juga menjadi bagian dari cara melestarikannya. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar Anda dari tumpukan sampah dan genangan air yang bisa menimbulkan nyamuk atau menjadi tempat tikus berkeliaran.

Lingkungan yang kebersihannya terjaga akan mencegah Anda dari risiko berbagai jenis penyakit. Anda bisa melakukan. inisiatif untuk membuat kerja bakti warga atau gotong royong bersama membersihkan wilayah sekitar lingkungan rumah. Kegiatan ini perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan.

4.   Menjaga Tanaman

Usahakan sebisa mungkin untuk tidak merusak tanaman. Misalnya saat Anda berada di taman jangan sampai menginjak tanaman yang dibudidayakan dan memetiknya sembarangan. Cara menjaga tanaman juga bisa dengan ikut serta kegiatan menanam pohon bersama.

Anda bisa menyumbangkan bibitnya atau menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Jaga tanaman juga salah satunya dengan tidak membuang sampah ke area pekarangan taman apalagi jika itu taman kota yang menjadi sumber pepohonan di tengah kota.

5.   Tidak Ikut Berburu Liar

Berburu sering menjadi salah satu hobi sebagian orang yang terkadang berburu liar. Kegiatan hobi yang tidak disalurkan dengan baik. Di mana hewan hewan dibunuh begitu saja tanpa pertimbangan apa pun. Bahkan terkadang satwa unik yang ada di hutan juga diburu hanya untuk kepuasan belaka. Anda harus menahan diri untuk tidak ikut berburu liar sekalipun hobi.

Alam yang terjaga tentunya akan membuat kehidupan menjadi baik-baik saja. Salah satunya bisa menikmati udara segar yang rendah polusi udara. Cara melestarikan lingkungan untuk menjaga alam ini tidak sulit untuk dilakukan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak. Hanya perlu niat untuk melakukannya.