Banyak sekali yang menjadi faktor penyebab anak susah makan. Salah satu penyebabnya karena anak bosan dengan menu makanannya atau pun terlalu banyak camilan yang diberikan. Berikut ini cara mengatasi anak susah makan yang bisa dilakukan tanpa paksaan.

1.   Porsi yang Kecil

Tiap anak memiliki kemampuan makan yang berbeda-beda. Jika anak mengalami susah makan Anda bisa mencoba cara dengan memberikan makan porsi kecil. Makanan porsi kecil juga bisa membuat anak lebih tertarik dan tidak merasa bosan saat waktu makan.

Sekali pun nantinya anak masih tidak mau makan, Anda tidak membuang begitu banyak makanan. Porsi kecil yang diberikan pada anak tetap memiliki komponen gizi yang lengkap. Harus ada karbohidrat, protein, lemak, dan seratnya. Jika cara ini yang dipilih berikan makanan dengan jarak tiga jam sekali dan abaikan terlebih dahulu makanan camilan.

2.   Keteraturan Waktu Makan

Anak bisa saja tidak mau makan karena di waktu tersebut ia merasa mengantuk. Cara mengatasi anak yang susah makan bisa dengan mengatur waktu makan anak. Waktu ini harus konsisten dilakukan agar anak paham dengan rutinitasnya. Hindari memberikan makan anak di jadwal tidur siangnya atau saat anak mengantuk. Sesuaikan waktu makan dengan aktivitas keseharian anak.

3.   Sajikan Makanan yang Menarik

Anak memiliki rasa penasaran yang besar pada sesuatu apalagi jika ia baru melihatnya. Anda bisa mengatasi anak susah yang makan dengan menyajikan makanan yang tampilannya menarik. Misalnya di atas piring anak bentuklah makanannya seperti bentuk wajah.

Letakkan sayur dan lauknya seperti mata dan mulut. Bisa juga membentuk sayuran seperti wortel berbentuk mahkota atau timun yang dibentuk menyerupai rumput. Kreasikan makanan anak akan membuatnya lebih bersemangat untuk makan.

4.   Libatkan Anak Membuat Makanannya

Cara berikutnya yang bisa dicoba adalah melibatkan anak saat membuat makanannya. Mulailah dengan mengajak anak berbelanja jika usianya sudah di atas 3 tahun. Ini cara untuk mengenalkan anak pada jenis bahan makananya.

Anda bisa memintanya memilih bahan makanan yang akan dimasak agar ia ingin memakannya nanti. Nanti di saat makan katakan padanya inilah bahan makanan yang dipilih dan dimasak, sehingga anak menjadi antusias.

5.   Ciptakan Waktu Makan Bersama

Makan bersama dengan anak banyak sekali manfaatnya, salah satunya bisa menjadi momen untuk Anda berkomunikasi intens dengan anak dan menguatkan bonding. Saat makan bersama libatkan seluruh anggota keluarga.

Melihat yang lain makan dengan lahap bisa memotivasi anak untuk mau menghabiskan makanannya. Selain itu, makan bersama bisa Anda adakan dengan mengundang teman-temannya. Di mana ini nantinya akan menjadi contoh kepada anak saat teman-temannya makan dengan lahap.

Cara mengatasi anak susah makan tanpa paksaan penting sekali agar anak tidak trauma. Anda bisa menerapkan mana cara yang paling tepat bagi anak agar ia mau makan. Temukan menu kesukaannya akan sangat membantu.