Anak yang sudah mulai MPASI bisa mengkonsumsi jenis kacang-kacangan yang kaya vitamin dan mineral. Anda harus memastikan anak memang tidak mengalami alergi dengan jenis kacang-kacangan tersebut. Untuk mencoba proses MPASI pertama, Anda bisa membeli sereal bayi yang aman dikonsumsi si kecil. Dapatkan manfaat konsumsi sereal kacang hijau yang lezat sekaligus menyehatkan buah hati tercinta.

Manfaat Sereal Kacang Hijau untuk Si Kecil

Kacang hijau tidak hanya bisa dikonsumsi bayi saja, tetapi orang dewasa juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari bubur satu ini. Berikut manfaat konsumsi sereal bayi yang terbuat dari kacang hijau untuk kesehatan anak yaitu :

1. Mengandung vitamin dan mineral

Perkembangan fisik dan mental anak bisa lebih optimal bila mendapatkan asupan gizi dari sereal kacang hijau. Pasalnya, kacang hijau mengandung vitamin A, B6, C, E, K, serta mengandung lebih banyak mineral seperti riboflavin, asam folat, natrium, fosfor, seng, dan lain-lain.

2. Mengandung protein tinggi

Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, sereal kacang hijau mengandung protein yang cukup tinggi. Perkembangan otot dan organ bayi bisa lebih maksimal bila mendapatkan asupan protein baik nabati atau hewani.

3. Mendukung sistem pencernaan lebih baik

Anda juga harus mempertimbangkan MPASI kacang-kacangan karena bisa mendukung sistem pencernaan si kecil lebih lancar. Tekstur yang mudah dicerna membuat si kecil bebas dari masalah sembelit.

4. Mendukung kesehatan organ hati

Dengan rajin mengkonsumsi kacang hijau, bayi akan memiliki perkembangan organ hati yang baik sehingga fungsi hati dalam menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh bisa maksimal. Bayi yang mendapatkan gizi tinggi dari sereal kacang hijau akan terbebas dari masalah atau gangguan fungsi hati sejak usia dini. Gangguan kesehatan hati seperti penyakit sirosis, hepatitis, penyakit kuning, kolestasis, dan kanker hati bisa dicegah dengan konsumsi makanan sehat mulai sekarang.

5. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sereal kacang hijau kaya vitamin C yang efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi lebih optimal. Bayi yang masih memiliki sistem imun rendah akan tumbuh menjadi anak yang lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Tidak heran bila konsumsi kacang hijau direkomendasikan pada bayi sejak kecil, minimal ia berusia enam bulan. Perhatikan pemberian sereal kacang hijau beberapa hari berturut-turut, kemudian lihat perkembangan anak yang memiliki reaksi alergi kacang hijau atau tidak.

Berdasarkan manfaat sereal bayi yang terbuat dari kacang hijau di atas, Anda harus memberikan menu MPASI yang menyehatkan. Bila Anda tidak punya waktu untuk membuat bubur kacang hijau secara tradisional, maka bisa memilih produk sereal instan yang lebih praktis. Pastikan saja Anda membeli produk sereal yang aman, berlisensi resmi dan terdaftar BPOM RI sehingga tidak menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan si kecil, ya!