Gula sebenarnya juga diperlukan anak untuk menjadi asal tenaga bagi sel-sel tubuh. Namun jika tenaga yang masuk melalui asupan gula tambahan tidak seimbang dalam menggunakan tenaga yang dikeluarkan maka memang bisa terjadi kegemukan hingga obesitas pada anak. Jadi, makanan manis bikin gemuk ini memang benar faktanya jika tidak diikuti dengan aktivitas yang sesuai dengana asupan yang masuk,

Pasalnya, kelebihan tenaga tersebut akan disimpan pada bentuk jaringan lemak. Kemudian, selain gula bikin gemuk dalam anak, dampak jangka panjang berdasarkan hal ini, pada masa yang akan tiba ketika anak telah dewasa yaitu lebih berisiko mengalami obesitas, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, hingga tekanan darah tinggi.

Melihat banyaknya kasus kesehatan yang mungkin dialami anak yang kelebihan berat badan karena dampak konsumsi gula berlebih, maka tentunya sangat penting untuk membatasi asupan gula pada anak untuk menghindari kelebihan berat badan dan penyakit lainnya.

Mengenali Kandungan Gula Dalam Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Anak

Ada bahan pangan yang secara alami mengandung gula. Misalnya glukosa pada nasi, fruktosa pada buah, laktosa pada susu, dll. Kemudian, terdapat juga gula yang dimasukkan ke makanan dan minuman. Misalnya seperti gula pasir pada makanan dan terutama pada minuman manis yang sebaiknya harus dihindari.

Dalam rekomendasi konsumsi gula dari WHO, disebutkan juga bahwa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang lebih sering mengkonsumsi minuman menggunakan pemanis tambahan lebih beresiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Sebagai gantinya, Anda bisa menyajikan air putih atau susu tanpa pemanis buatan. Bisa juga mengganti snack anak dengan buah-buahan yang bisa dimakan langsung atau dijadikan jus tanpa pemanis buatan.

Informasi Gula Pada Produk Kemasan

Membaca label dalam bungkus kemasan setiap makanan dan minuman akan membantu Anda mengetahui berapa banyak kandungan gula tambahan yang terdapat pada produk tadi dan  lalu bisa menentukan produk mana yang paling baik untuk menghindari resiko makanan manis bikin gemuk pada anak.

Si Kecil memang secara alami umumnya menyukai cita rasa yang manis. Namun, pemberian makanan dan minuman manis berlebih bisa membuat gemuk anak. Maka dari itu ketika mulai mengenalkan MPASI pada anak, usahakan memberikannya tanpa tambahan gula dan garam berlebih sehingga membantu anak mengenal rasa alami. Sudah ada banyak sekali bahan pangan yang bisa dikreasikan untuk meningkatkan selera makan anak.

Makanan Untuk Anak

Dalam menyiapkan makanan untuk anak, sebaiknya siapkan sendiri sehingga kita bisa tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan. Dengan ini, anak juga terbiasa dengan rasa makanan tanpa banyak bahan-bahan buatan yang membuat resiko anak lebih gemuk meningkat.

Karena makanan manis bikin gemuk, maka untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, Anda bisa memberikan Lactogrow yang tanpa gula tambahan. Mengandung omega 3 dan omega 6 yang juga akan mendukung tumbuh kembang otaknya serta kandungan vitamin dan mineral yang lengkap.