Slogan bantu anak Indonesia menjadi salah satu kampanye banyak perusahaan untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap kondisi anak di Indonesia, terutama berkaitan dengan masalah kesehatan. Tentu saja, konsep ini perlu dilakukan secara menyeluruh, terutama oleh setiap orang tua yang secara langsung senantiasa bersinggungan dengan anak.

Sebagaimana diketahui bahwa anak memiliki kerentanan kondisi kesehatan yang lebih besar. Metabolisme tubuh yang belum sempurna dan daya tahan tubuh yang belum stabil membuat mereka lebih rentan sakit. Oleh karenanya, diperlukan upaya yang tepat agar anak tidak mudah sakit serta bisa tumbuh dengan lebih baik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak dengan lebih baik. Beberapa cara yang dimaksud diantarnya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan makanan sehat setiap hari

Bisa dikatakan bahwa apa yang dikonsumsi oleh anak akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan mereka. Oleh karenanya, sebagai orang tua, Anda perlu memberikan makanan sehat setiap hari kepadanya.

Kombinasi antara sayur dan buah bisa menjadi menu andalan untuk diberikan. Pasalnya, pada kedua bahan pangan tersebut terdapat kandungan nutrisi penting yang bisa menjaga kesehatan anak seperti mineral, vitamin, protein dan lainnya.

  1. Membangun kebiasaan anak menjaga kebersihan

Dalam program bantu anak Indonesia, banyak perusahaan yang berusaha memberikan bantuan terkait ketersediaan air bersih. Hal ini dikarenakan kebersihan memiliki pengaruh yang besar terkait kondisi kesehatan anak.

Beranjak dari hal di atas, ada baiknya jika Anda berusaha untuk membangun kebiasaan anak untuk menjaga kebersihan diri. Dengan kebersihan yang terjaga, tentu saja nantinya anak akan bebas dari kuman dan bakteri lainnya yang menjadi masalah kesehatan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kebiasaan anak menjaga kebersihan. Selain membiasakannya untuk mandi dua kali sehari, Anda juga bisa membangun kebiasaan anak untuk cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

  1. Mengajarkan anak untuk rajin bergerak

Hal lain yang penting dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan anak adalah mengajarkan dan membiasakan mereka untuk rajin bergerak. Ini adalah hal yang penting karena dengan lebih banyak bergerak, maka tubuh anak akan memiliki metabolisme yang lebih baik.

Anda bisa mengajak mereka berolahraga setiap hari. Tidak harus melakukan olahraga yang berat, Anda bisa mengajak mereka untuk jogging atau berjalan kaki di pagi hari setiap hari.

Beberapa hal di atas adalah contoh kecil dari upaya bantu anak Indonesia untuk skala kecil di dalam keluarga. Tentu, masih banyak cara lainnya yang bisa Anda upayakan untuk menjaga kesehatan mereka. Hanya saja, Anda perlu melakukan upaya tersebut secara konsisten agar apa yang menjadi upaya tersebut bisa berhasil dan anak pun akan senantiasa sehat.