Perkembangan otak anak perlu berlangsung dengan baik sehingga ia benar-benar bisa dikategorikan mengalami tahap tumbuh kembang yang termasuk optimal. Pasalnya fungsi organ otak yang berkembang dengan optimal akan berbanding lurus bersama fungsi tubuh sempurna. Sayangnya tak sedikit orang tua yang malah salah kaprah dengan tahap perkembangan pada otak anak.

Hingga sekarang masih banyak orang tua mengira jika perkembangan pada bagian otak anak berlangsung sejak ia lahir ke dunia. Padahal fakta yang sesungguhnya mengatakan jika proses perkembangan bagian otak anak sudah berlangsung semenjak buah hati masih ada di dalam kandungan ibunya.

Mengenal Proses Perkembangan Pada Otak Anak

Tahap perkembangan pada otak yang paling pesat terjadi ketika Janis masih di dalam kandungan ibu sampai anak menginjak usia 2 tahun. Hasil penelitian mengatakan jika 80 persen pertumbuhan pada otak terjadi 1000 hari pertama dalma kehidupan si kecil. Rentang waktu inilah yang kemudian kita kenal sebagai periode emas dalam perkembangan otak si kecil.

Sesudah umur 2 tahun, otak anak masih terus mengalami perkembangan sampai masuk usia remaja. Namun laju pertumbuhan bagian otak tidak terlalu pesat seperti anak masih berada dalam rentang 1000 hari pertama hidupnya.

Cara untuk Mendukung Perkembangan Otak Pada Anak

Agar perkembangan pada otak anak berjalan dengan optimal dan baik, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan di rumah.

  1. Memenuhi kebutuhan akan nutrisi selama masa kehamilan. Caranya yaitu dengan si ibu mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Apabila dirasa perlu dan sudah dikonsultasikan sebelumnya dengan dokter, ada baiknya ibu hamil juga mengkonsumsi suplemen yang di dalamnya terkandung nutrisi esensial selama masa kehamilan berlangsung.
  2. Kemudian bisa juga dengan melakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin agar mencegah terjadinya komplikasi saat hamil serta melahirkan nantinya.
  3. Orang tua juga dapat memberikan nutrisi yang tepat dengan jumlah menyesuaikan kebutuhan anak tersebut. Caranya bisa dimulai dari pemberian Air Susu Ibu secara eksklusif sampai enam bulan lamanya. Bisa juga orang tua dapat menambah makanan pendamping asi atau MPASI sampai buah hati berusia 2 tahun.
  4. Ketika masa MPASI berlangsung pastikan si kecil tak luput untuk pemberian makanan yang di dalamnya kaya terkandung omega-3, DHA dan EPA agar perkembangan otaknya bisa tetap optimal.
  5. Berikan pula stimulasi yang tepat serta sesuai berdasarkan umur buah hati.
  6. Orang tua juga perlu menjaga kondisi kesehatan si kecil secara optimal. Hal ini termasuk imunisasi serta pemantauan laju tumbuh dan kembang anak dengan rutin.

Perkembangan pada otak buah hati yang optimal merupakan faktor yang menentukan pula kesempurnaan pertumbuhan anak. Oleh sebab itulah supaya perkembangan otak berjalan baik, orang tua harus memberikan dukungan dengan bentuk yang tepat.