Ada cara tersendiri yang bisa orang tua lakukan saat ingin mengajar membangun karakter anak dengan baik.  Namun yang paling penting saat membangun karakter adalah latihan sedini mungkin.

Namun yang paling penting di sini bagaimana agar anak terbiasa dengan kegiatan membentuk karakter yang kuat dan baik hingga mereka dewasa. Orang tua tidak perlu khawatir.

Asa beberapa tips latihan yang bisa orang tua terapkan di rumah. Berikut tips latihan membangun karakter pada anak yang dapat kamu coba di rumah :

1. Manfaatkan kesempatan  setiap saat

Banyak orang tua yang gagal total saat ingin memanfaatkan situasi yang ada di sekitarnya untuk  mengajarkan karakter penting pada anak-anak.

Contohnya, jika anak kalian sedang membantu anak lain yang mengalami kesusahan, orang tua jangan lupa memberi komentar ataupun pujian pada anak tersebut.

Jika perlu, anak juga diberikan hadiah khusus dari sikap positif tersebut. Dengan perlakuan yang seperti ini, pasti akan membuat anak menjadi terbiasa dan akhirnya terbawa sampai dewasa.

Saat memberi pujian dan hadiah juga jangan berlebihan. Lakukan sewajarnya saja. Tanamkan pada anak agar terus melakukan hal tersebut setiap saat.

2. Perbaiki tindakan anak yang melakukan dengan cara yang tepat

Sudah biasa jika anak sering melakukan kesalahan. Tapi tetap saja orang tua perlu menegurnya supaya anak tidak melakukan kesalahan tersebut lagi di kemudian hari.

Hanya saja saat anak melakukan kesalahan tersebut, orang tua harus memperbaiki kesalahan tadi dengan cara yang tepat. Jika tidak, anak biasanya akan menjadi sembrono.

Tidak perlu meneriaki ataupun memarahi  anak terlalu berlebih-lebihan. Hal tersebut biasanya akan membekas pada anak dan malah merugikannya sendiri.

Anak malah akan menjadi pemberontak dan akhirnya malah enggan bersosialisasi. Orang tua di sini sebagai pembimbing bukannya sebagai tukang marah kepada anaknya.

3. Berikan teladan yang baik untuk anak

Anak tidak bisa melakukan apapun sendirian. Biasanya mereka membutuhkan bantuan orang tua. Lakukan dengan baik dan pastikan anak tetap nyaman dengan bantuan yang kamu lakukan.

Saat anak masih kecil, mereka sering meniru apa yang ada di sekitarnya. Saat berada di dekat anak, agar anak bisa memiliki karakter yang baik, orang tua juga harus menjadi teladan.

Jangan pernah membentak orang lain dihadapan anak. Pasalnya hal buruk tersebut juga akan ditiru anak di kemudian hari. Karena sebagai teladan, orang tua jiga harus sering melakukan aktivitas positif.

Misalnya, rajin berolahraga, rajin beribadah atau aktivitas positif lainnya. Dengan menjadi teladan yang baik, sudah pasti karakter anak juga baik karena mereka meniru orang tuanya.

Membangun karakter anak memang tidak gampang. Butuh waktu dan proses panjang supaya karakter anak bisa sesuai dengan yang diharapkan.