Meski sekilas hanya terlihat sebagai seduhan kopi hitam biasa, namun ternyata ada macam-macam espresso yang disesuaikan dengan penyajiannya. Biasanya orang tidak tahan dengan rasa pahit dari minuman ini. Maka dari itu mereka mengolahnya menjadi beragam kreasi minuman nikmat dengan menambah bahan-bahan lain.

Macam-Macam Espresso yang Kerap Tersaji di Menu

Agar tidak sampai salah dalam memesan menu di Coffee Shop, kenali macam-macam espresso di bawa ini:

  • Americano

Bisa dibilang Americano merupakan kreasi espresso yang paling sederhana. Minuman ini dibuat dengan mencampurkan one shot espresso dengan secangkir air panas untuk membuat rasanya tidak terlalu pekat.

Selain disajikan hangat, Americano juga bisa ditambahkan dengan es batu. Meski sangat sederhana, namun Americano cukup banyak peminatnya lantaran rendah kalori karena tidak diberi susu, krim, atau gula.

  • Short macchiato

Dibanding Americano, short macchiato memiliki rasa yang lebih manis karena ada campuran susu di dalamnya. Hanya perlu mencampurkan one shot espresso dengan busa. Pada beberapa resep, barista juga menambahkan susu fullcream untuk membuat rasanya lebih gurih.

  • Long macchiato

Jika short macchiato menggunakan one shot esspreso, maka varian long macchiato ini memakai dua shot esspreso. Sehingga dari segi volume, minuman ini lebih banyak dengan rasa yang sangat tajam.

  • Affogato

Berbeda dengan variasi macam-macam espresso pada umumnya, affogato biasanya lebih disajikan sebagai dessert dibandingkan minuman. Cara membuatnya pun mudah, hanya perlu menyiapkan satu scop es krim dalam gelas, kemudian diguyur dengan one shot esspreso panas.

Suhu panas dari esspreso yang pahit akan melelehkan manisnya es krim. Perpaduan ini cukup unik dan rasanya pun tidak terlalu pekat. Sangat cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka kopi namun ingin mencoba varian esspreso.

  • Piccolo

Untuk membuat piccolo, barista akan mencampur one shot espresso dengan susu dan busa dengan perbandingan 1:2. Jadi kandungan susu pada piccolo lebih banyak dibandingkan dengan short macchiato walau pun porsinya sama-sama berukuran kecil.

  • Cappucino

Minuman ini terkenal memiliki foam yang banyak dan diberi taburan coklat bubuk di atasnya. Cappucino dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu melalui perbandingan 1:1. Namun bedanya pada langkah akhir, barista akan menuangkan foam hingga menggunung setinggi 3cm.

  • Caffe latte

Pada dasarnya caffe latte mirip dengan piccolo hanya saja porsi minuman lebih banyak. Biasanya barista akan membuat berbagai bentuk art ketika menuang susu ke dalam cangkir esspreso. Proses ini disebuat dengan pembuatan latte art yang selalu menjadi daya tarik Coffee Shop.

  • Flat white

Cara pembuatan flaw white sama dengan membuat kopi susu biasa. Hanya tinggal menambahkan one shot esspreso ke dalam susu panas tanpa adanya campuran foam sama sekali. Gunakan susu fullcream untuk mendapatkan cita rasa gurih yang mewah.

  • Mochacino

Minuman satu ini hanya merupakan kombinasi campuran cappuccino dengan coklat. Rasanya unik karena terdapat komposisi espresso, susu, dan coklat di dalamnya.

Olahan macam-macam espresso di atas sebenarnya tidak hanya bisa dibuat menjadi minuman saja. Kopi pahit tersebut ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan panganan yang lezat seperti tiramisu, puding, dan lain sebagainya. Kuncinya adalah kreatif sehingga tidak membosankan. Selamat mencoba!