Apakah Anda sudah memiliki mesin espresso? Bisa dikatakan jika mesin espresso adalah salah satu alat kopi yang sangat menarik dan penting dimiliki. Bukan hanya untuk membuat espresso yang strong, namun juga beragam minuman coffee based lain yang tidak kalah nikmat.

Berbincang tentang mesin espresso, selain memilih mesin yang tepat, Anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat pula. Dengan perawatan tersebut, tentu saja Anda bisa menjaga kondisi mesin dengan baik sehingga espresso yang dihasilkan pun akan cenderung lebih nikmat.

Nah, untuk Anda yang memiliki mesin espresso di rumah, berikut akan dibahas beberapa tips untuk membersihkan mesin tersebut. Apa saja tips yang dimaksud? Cek ulasannya!

Tips Membersihkan Mesin Espresso yang Tepat

Sebagaimana disinggung di awal, membersihkan mesin espresso adalah hal yang sangat penting agar mesin bisa bekerja dengan optimal. Nah, untuk memudahkan Anda membersihkan mesin espresso, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Hindari penggunaan bahan kimia

Saat hendak membersihkan mesin espresso, hindari menggunakan bahan kimia. Memang, banyak kalangan mengatakan jika penggunaan bahan kimia bisa melunturkan kuman dan kotoran dengan maksimal. Namun, ada dampak yang bisa terjadi dan merugikan.

Bahan kimia yang digunakan bisa saja merusak salah satu komponen mesin. Juga, jika ada cairan bahan kimia yang mengendap dan tidak bisa dihilangkan, maka akan berpengaruh pada cita rasa kopi.

  • Jangan menggunakan air panas

Selain menghindari penggunaan bahan kimia, Anda sebaiknya tidak menggunakan air panas saat hendak membersihkan mesin espresso tersebut. Pasalnya, ada beberapa bagian dari mesin espresso yang terbuat dari bahan kaca atau porcelain yang cenderung rawan rusak jika terkena air panas.

Jika Anda menemukan noda yang membandel, bersihkan dengan air panas yang dicampur dengan air dingin. Air dengan suhu yang tidak terlalu tinggi barangkali lebih aman daripada air yang mendidih.

  • Gunakan sikat yang halus

Menggunakan sikat yang halus juga menjadi tips yang penting ketika hendak membersihkan mesin espresso yang Anda miliki. Alat ini bisa diandalkan untuk membersihkan kotoran yang menempel dan mengendap. Selain itu, sikat halus juga cenderung lebih aman daripada sikat kasar yang bisa merusak permukaan mesin.

Tidak hanya itu, setelah menyikat permukaan mesin espresso tersebut, lap bagian mesin dengan menggunakan lap kain yang bersih dan lembut. Dengan lap tersebut, tentu mesin espresso Anda akan cenderung lebih bersih.

Nah, beberapa hal di atas adalah tips yang cukup mudah diterapkan untuk membersihkan mesin espresso yang Anda miliki. Sebagai tambahan, bersihkan mesin espresso Anda secara teratur agar mesin tersebut senantiasa bisa bekerja dengan optimal saat digunakan untuk menyeduh kopi kesukaan Anda.